14 July, 2010

PCMCIA

Personal Computer Manufacture Interface Adaptor atau yang sering kita kenal dengan PCMCIA merupakan salah satu hardware dari notebook. Hardware yang satu ini memang bisa dibilang hardware yang spesial bagi notebook, anggapan tersebut didasari karena PCMCIA diproduksi hanya untuk notebook saja, sehingga pada notebook terdapat slot dimana PCMCIA dipasang sedangkan di PC tidak ada.

PCMCIA pada notebook bisa kita ibaratkan dengan kartu ekspansi atau add-on card yang terdapat pada PC. Dimana keduanya sama-sama mempunyai fungsi sebagai penambah fasilitas yang memang belum ada pada motherboard (onboard). PCMCIA yang hanya seukuran kartu ATM ini bisa berfungsi sebagai media modem jika tidak didapati modem internal pada notebook, sebagai media port LAN guna menunjang dalam transfer data melalui koneksi antar komputer / koneksi jaringan, ada juga PCMCIA berkedudukan sebagai TV Tunner apabila kita menginginkan siaran TV terpampang di layar LCD notebook anda.


Tetapi teknologi PCMCIA sekarang mulai ditinggalkan para user, yang dilengser dengan adanya segala macam periferal yang menggunakan jalur koneksi USB untuk berinterkasi dengan PC yang kita gunakan. Selain itu USB juga mempunyai kecepatan yang lebih dibandingkan dengan yang lain.

Info : “Merawat dan Memperbaiki Notebook karya Doni Kurniawan”


sumber : http://ul1n.blogspot.com/2010/06/pcmcia_19.html