09 November, 2009

Membuat Tip of The Day Windows Explorer

Oleh : Bowo

Windows Explorer sebenarnya punya fasilitas Tip of The Day yang berisi trik-trik serta tip-tip yang bermanfaat bagi Anda dalam menggunakan Windows Explorer. Tapi, kebanyakan dari kita mematikan fungsi Tip of The Day ini dengan beragam alasan.

Jika ingin mengaktifkan Tip of The Day ini, cukup klik menu View > Explorer > Bar > Tip of the Day. Dalam sekejap, Tip of the Day akan muncul di bagian bawah Windows Explorer.


(gambar : Tip of The Day Windows Explorer)


Dari pabriknya, ada 49 tip yang terus berputar setiap saat secara acak. Dan ini yang akan kita lakukan. Kita akan menambah tip-tip baru berbahasa Indonesia sehingga memperkaya koleksi Tip of The Day Windows Explorer.

Caranaya sebagai berikut. Luncurkan Registry Ediotor dan masuklah ke bagian ini HKEY_LOCAL_MACHINE-Software-Microsoft-WIndows-CurrentVersion-Explorer-Tip.

Di jendela sebelah kanan, Anda melihat deretan tip-tip yang tersimpan dalam vallue 0 samapai dengan 49.


(gambar : Tampilan Tip-tip dalam Registry)

Anda bisa melakukan dua hal. Pertama, Anda bisa mengganti tip-tip yang ada di situ dengan tip Anda sendiri. Caranya, klik-ganda pada salah satu value, misal vallue 0, dan gantilah teks yang ada di situ dengan teks Anda sendiri pada bagian Value Data.


(gambar : Mengganti Tip yang sudah ada)

Kedua, Anda bisa menambah tip yang baru dengan cara mengklik menu Edit > New > String Value. Buatlah value dengan nama berbentuk angka yang melanjutkan angka terakhir pada tip. Contohnya, kalau tip terakhir ber-value 49 maka value yang baru saja Anda buat ini harus bernama 50.

Kalau sudah, klik-ganda pada value 50 itu dan isikan teks Tip of The Day pada bagian Value Data. Tekan tombol OK dan sekarang luncurkan Windows Explorer lengkahp dengan Tip of The Day-nya.

Jika tip Anda belum muncul, klik option Next Tip.

Semoga postingan saya bermanfaat buat Anda !!!