12 May, 2009

Instalasi Windows XP

1. Nyalakan komputer terlebiih dahulu
2. Masukkan cd Instalsi Windows Xp
3. Restart Komputer untuk mengatur setting bios
4. Tekan tombol berikut ini :

Atau melihat keterangan didalam monitor yang terletak pada bagian bawah
5. Di dalam setting bios pilih tab boot dengan cara melihat bagian bawah pojok kanan (instruction)
6. Pada 1st boot device ganti dengan cd-room dengan cara menekan tombol key “page down ataupun page up”.
7. setelah penyetelan bios selesai, pilih “save and exit”
8. tunggu computer akan restart
9. computer akan melakukan proses booting dari cd-room. Saat mulai muncul kalimat/pesan “press any key boot from cd…..” tekanlah sembarang toombol keyboard untuk melakkukan dari cd-room. Maka akomputer akan menjalankann proses penginstalan cd windows xp.
10. kemudian layaar monitor akan berubah warna menjadi biru dengan tulisan “windows setup” dari sudut kiri bagian atas monitor. Perhatikan iinformasi tulisan dibagian bawh monitor.
11. setelah itu, windows xp akan melakukan pengecekan hardware computer sescara otomatis. Tekan tombol enter untuk proses selanjutnya, maka computer akan mengkopi isi file dari cd ke harddisk.
12. kemudian akan muncul sebuah instruksi dibagian bawah monitor yang biasa disebut dengan EULA (End User Agreement). Tekan f8 untuk melanjutkan proses instalasi selanjutnya.
13. jika anda ingi jumlah memori yang ada di disk drive maka langkah-langkah sebagai berikut:
a) Tekan toombol L untuk mendelete.
b) Tekan tombol enter untuk kembali kepartisi.
Sementara untuk menambah drivenya, dapat dilakukan langkah sebagai berikut:
a) Tekan tombol C pada keyboard.
b) Tentukan nilai partisi yang dikehendaki.
c) Tekan tombol enter.
14. setelah prses penggantian memori drive selesai pilih satu drive sebagaitempat penyinpanan program dari CD windos Xp. Misalkan saya guanakn disk drive C: tekan enter untuk memulai penginstalan.
15. kenudian akan muncukformat partisi yang akan digunakan, yakni NTFS atau FAT 32. yntyk drive C, sebaiknya kita gunakan partisi NTFS karena lebih aman. Anda dapat memilih yang tidak ada. “Quick”-nya atau yang biasa saja, sedangkan untuk”quick” akan lecih cepat penginstalan akan tetapi program yang dicopy terkadang masih terlewati sehingga lebih baik menggunakan yang biasa.
16. tekan tombol enter untuk proses penginstalan selanjutnya.
17. setelah itu proses format akan dijalankan / tercopy di drive C.
18. setelah proses file / pengkoian file dari CD ke drive C selesai, maka proses selanjuntya adlah computer akan melakukan reboot (restart) secara otomatis.
19. setelah itu tunggu kemudiain logo dari windows XP akan keluar.
20. Windows Xp akan melkukan konfiguarasi sendiri secara otomatis.
21. anda dapat memasukkan / memilih bahasa input dan lokasi yang digunakan setelah selesai tekan/klik tombol next.
22. setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan nama dan organisasi pemakai(user) windows Xp. Kemudian pilih next.
23. selang beberapa waktu akan muncul kkotak dialog yang berisi tentang CD Key. Masukkan CD Key yang telah anda siapkan sebellumnya. Kalu belum tahu ini saya kasih tahu CD Keynya “XP8BF-F8HPF-PY6BX-K24PJ-TWT6M”. kemudiain klik next
24. proses selanjutnya adalh menentukan nama computer. Nama ini akn tampil jika kita mengklik start dan tampil paling atas dari toolbar yang bersedia. Jika anda mengingingkan computer anda tidak diguanakan user/pengguna lain masukkan password yang anda inginkan. Selanjutnya klik tombol “Next” yang biasanya terletak dibagian pojok bawah kanan.
25. langkah selanjutnya adlah pemberian waktu yakni tanggal dan jam yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan kita berada di Indonesia maka kita pilih “GMT+07.00 (Bangkok, Hawai, Jakarta)”. Kemudian klik tombo next.
26. kemudian muncul dialog jaringan (Networking), anda dapat memilih “typical settings” yang aritnya kita dapat menyeting koneksi jaringan setelah proses instalsi selesai. Pilih tombol “Next”
27. kemudian akan muncul pemilihan, pilih no dan kemudian anda dapat beri nama “workgroup”. Setelah selesai klik tombol “next”
28. setelah itu proses selesai akan dilanjutkan kembali. Setelah beberapa waktu kemudian akan muncul kotak “display setting”. Klik Ok dan windows Xp akan menentukan resolusi layer secara otomatis.
29. jika penyetingan berhasil akan muncul kotak jendela “Monitor Setting” klik OK untuk menggunakan settings display yang telah ada set sebelumnya.
30. maka anda akan masuk ke jendela windows. Apabila sebelumnya anda memasukkan password (Langkah 24) maka akan muncul kotak dialog yang berisi tentang pengisian password. Isi password yang telah anda ketikan, setelah selesai pilih “Sign On”.
31. Maka kita dapat masuk kedalam Windows Xp. Berarti proses installasi Xp yang telah berhasil dilakukan.
32. Apabila kita ingin mengguanakan drive D: maka kita harus memformat terlebih dahlulu dengan cara klik kanan pilih format.
33. Pilh drive D: dan klik kanan pilih format.
34. Pilih start. Maka proses format akan berjalan.
35. Setelah proses selesai drive D: dapat kita gunakan sebagai media penyimpanan.

Comments :

3 komentar to “Instalasi Windows XP”

wah perlu dicoba tuh. ditempat gue juga banyak link untuk megeruk dollar lohh. its work trust me

Fei said...
on 

info bagus, tapi OS ini sudah mulai jarang digunakan apalagi bulan ini bulan terahir OS ini dipasarkan. Bulan depan OS ini sudah menjadi legenda..

Anonymous said...
on 

19 19 oke dah p0okoknya
aku jadi pengen selancar nihhh 24

bygaul said...
on 

Post a Comment

Silahkan kasih komentar yang baik, dan bisa membangun blog ini.